Madrasah Hebat Bermartabat | Lebih Baik Madrasah, Madrasah Lebih Baik

Kemah Penerima Tamu Ambalan

Hari Sabtu-minggu tanggal 21/07/2018 Man Bangkalan mengadakan pelantikan penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Gudep 01.49 01.50 Raden Praseno Rato Ebhu yang dibuka dan diresmikan oleh bapak Mohammad wasil, S.Ag, M.SI.

Beliau menyampaikan bahwa siswa kelas X wajib mengikuti kegiatan Pramuka selama 1 semester.Beliau juga menjelaskan bahwa tingkatan pada Pramuka penegak ada empat yaitu Tamu Ambalan , Tegak Calon, Bantara dan Laksana.

Pukul 14.00 acara dilanjut dengan pemberian materi pengenalan Pramuka penegak oleh bapak Mohammad Wasil, S.Ag, M.SI lalu disusul materi kedua yang diberikan oleh Dra.Hj.Agustin firgiani,MH bertemakan nasionalisme dan radikalisme, setelah itu para panitia mengarahkan para peserta untuk melakukan persiapan solat Ashar, Maghrib dan Isya. Sembari menunggu solat Isya, panitia membagikan konsumsi untuk peserta dilanjut solat isya yang dipimpin oleh bapak Abdul Wahed S.Pd. Kemudian pemberian materi tentang pengenalan Ambalan Prasebhu dan kesakaan yang terdiri dari PRADANA putra & putri, KRANI, BPKDA, BANKER dan POLDA yang dijelaskan langsung oleh kakak Wahyu Efendi O.S selaku pelatih Pramuka.

Acara selanjutnya adalah pembacaan “Trisatya dan Dasa Dharma” sebagai kode kehormatan gerakan Pramuka yang dibacakan oleh 10 orang Bantara. Dan dilanjut dengan kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu bagi peserta Tamu Ambalan, yaitu penyalaan Api Unggun yang dilakukan langsung oleh bapak Mohammad Wasil, S.Ag M.SI. Beliau berpesan bahwa"Walaupun kita menyalakan api dan berdiri didepan api unggun bukan berarti kita menyembah api.Justru karena pada dasarnya api unggun itu simbolis dari perkemahan, terutama perkemahan Pramuka.". Kemudian dilanjut acara Pentas seni yang dimulai pada pukul 21:00-23:00 bagi masing-masing kelas yang berlangsung meriah lalu para peserta diperistirahatkan.Pada pukul 01:00 – 03:00 peserta dibangunkan untuk solat Tahajud yang dipimpin oleh bapak Wahed S.Pd,berlanjut ke Renungan Suci yang dipandu oleh kakak Ali Syaifuddin atau lebih dikenal dengan panggilan Komandan Ali.Setelah itu peserta melakukan persiapan untuk solat subuh berjamaah dan makan bersama.Kemudian mereka melanjutkan kegiatan senam bersama di lapangan utama MAN Bangkalan, dilanjutkan dengan kegiatan Outbond yang terbagi menjadi 3 Pos. Pos pertama nampan air, pos 2 tangkap ekor dan pos 3 tali gelas.

Setelah itu, disambung dengan bersih diri dan lingkungan sekolah. Lalu peserta diarahkan untuk persiapan upacara penutupan yang dilaksanakan pada pukul 12:00 WIB.Tiba di penghujung upacara penutupan,saat itu bapak mohammad wasil S. Ag. M.SI melakukan penyematan tanda peserta yang disambut dengan sangat gembira oleh para peserta Tamu Ambalan. Beliau berpesan kepada seluruh anggota peserta Tamu Ambalan "Jangan pernah kamu menyerah dengan segala sesuatu yang terjadi.Hadapi, karena kalian seorang pramuka. Jadilah pramuka sejati yang selalu membanggakan". Tidak lupa panitia mengumumkan pemenang sangga terbaik yang diraih oleh sangga 14 putra, peserta putra terbaik Ahmad Ikhlasul Amal, peserta putri terbaik Nabilla Savira dan pensi terbaik diraih kelas X-IPS1. Acara terakhiradalah penyiraman peserta TamuAmbalan lalu bersalaman dengan panitia sambil menyanyikan sayonara.

 

Pengunjung

We have 47 guests and no members online