Madrasah Hebat Bermartabat | Lebih Baik Madrasah, Madrasah Lebih Baik

Arti Pentingnya Sarapan Pagi

Para pembaca yang budiman, kali ini kami dari tim UKS hadir lagi dalam rangka mengajak para pembaca yang budiman untuk saling berbagi tentang “ARTI PENTINGNYA SARAPAN PAGI”.

Kebanyakan dari kita melakukan aktifitas mulai dari pagi hari. Aktifitas yang kita kerjakan dari pagi hari sampai waktu siang bahkan sore atau malam hari tentunya sangat menguras tenaga maupun pikiran kita. Dengan demikian harus ada asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh sebagai pengganti energi yang keluar akibat aktivitas yang kita kerjakan. Walaupun ada banyak hal penting di pagi hari, tetapi kita jangan melupakan satu hal yang tidak kalah pentingnya yaitu sarapan pagi. Untuk memulai sarapan pagi tidak harus menyantap makanan dalam porsi besar, tetapi yang terpenting adalah memakan makanan yang sehat. Sarapan pagi tidak hanya memberi asupan energi pertama pada tubuh kita tetapi dengan sarapan pagi kita dapat memperoleh banyak keuntungan diantaranya:

  • Membuat tubuh lebih siap beraktifitas.

Dengan asupan pertama yang kita dapatkan setelah kita tidak makan pada malam hari tentunya membuat tubuh kita lebih bugar dan siap untuk menyambut aktifitas yang akan kita lakukan sekalipun aktifitas yang menguras banyak energi.

  • Meningkatkan konsentrasi berfikir otak.
  • Dapat menetralisir asam lambung.

Jika terbiasa membiarkan perut dalam keadaan kosong sementara tubuh harus melakukan aktifitas yang padat apalagi aktifitas yang berat, maka asam lambung akan meningkat dan menyebabkan penyakit mag. Sarapan pagi dapat menetralisir asam lambung yang berlebihan sehingga kita bisa terhindar dari penyakit mag.

Salah satu kelompok orang yang paling sering memulai aktifitasnya di pagi hari adalah para pelajar. Namun banyak pelajar yang akan memulai aktifitas sekolahnya dipagi hari malas untuk sarapan. Hal ini paling sering disebabkan karena kurangnya persiapan waktu yang pada akhirnya menjadi kebiasaan. Menurut hasil studi yang telah dilakukan oleh para ahli, sarapan bergizi bagi pelajar ternyata sangat bermanfaat. Terutama, selalu melewatkan sarapan sebelum pergi kesekolah bisa berpengaruh terhadap fisik dan psikologi, yang pada akhirnya akan menghambat proses dan hasil belajar anak-anak.

Sehat secara fisik dan psikologi

Dengan sarapan pagi, kita sebenarnya seperti berbuka puasa setelah beberapa waktu sejak makan malam. Pada saat kita bangun di pagi hari, semua energi kita sudah habis, sehingga kita perlu untuk mendapatkan energi yang baru untuk melalui rutinitas sehari-hari. Pelajar yang tidak makan atau melewatkan sarapan rutin, berisiko tinggi mengembangkan gastroenteritis dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Telah diteliti bahwa anak-anak yang tidak sarapan sebelum ke sekolah memiliki masalah seperti, sakit kepala, mengantuk, sakit perut, kelelahan, mudah marah, kecemasan, lesu, dll.

Menjaga kesehatan

Sarapan untuk anak-anak sekolah akan membantu proses belajar secara keseluruhan. Kesibukan Pelajar di sekolah tidak hanya harus mempelajari beberapa mata pelajaran yang berbeda, tetapi juga harus melakukan kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga. Untuk kegiatan seperti ini, pelajar membutuhkan energi yang berasal dari sarapan pagi. Selain itu, makan pagi secara rutin juga akan membantu mengelola berat badan, sehingga dapat mengurangi risiko obesitas anak.

Meningkatkan konsentrasi saat belajar di sekolah

Pelajar yang terbiasa makan sarapan telah terbukti memiliki konsentrasi yang lebih baik selama mengikuti pelajaran, dari pada pelajar yang tidak sarapan. Sarapan juga bermanfaat untuk meningkatkan memori pelajar, sehingga mereka mampu mengingat dan mengambil informasi yang disampaikan di sekolah dengan cepat serta akurat. Bahkan kemampuan pemecahan masalah mereka juga meningkat jika sarapan secara teratur.

Ok, semoga dengan sedikit informasi ini kita bisa mengambil langkah yang tepat sebelum memulai aktifitas di pagi hari, tentunya dengan tidak lupa untuk sarapan pagi walaupun tidak harus dengan harga yang mahal tetapi tetap memenuhi kebutuhan gizi yang sehat, agar tubuh kita lebih siap untuk beraktifitas sehingga apa yang kita kerjakan tentunya menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Untuk para pelajar di sekolah mari biasakan untuk sarapan pagi agar tubuh tetap sehat, informasi yang disampaikan di sekolah mudah ditangkap, prestasi juga meningkat. Bukankah kita semua sangat setuju dengan ungkapan: “MENS SANA IN CORPORE SANO” atauDALAM TUBUH YANG KUAT TERDAPAT JIWA YANG SEHAT”

Oleh : NURHIDAYATI, S.Pd

Pengunjung

We have 22 guests and no members online