Madrasah Hebat Bermartabat | Lebih Baik Madrasah, Madrasah Lebih Baik

TIME IS MONEY

By : Kholilurrohman

Jikalau dimasa mudanya sudah terbiasa dengan suatu paksaan dan sudah menganggap hal biasa dalam menjalani sesuatu selalu berfikir untuk mengambil jalan keluar yang lebih baik, maka masa mudahnya sudah tampak akan cerahnya jalan yang penuh dengan kenyamanan. Tetapi, kalau masa mudanya sudah santai, pasrah akan semua keadaan tidak mau menghadapi, maka dimasa depannya saat itu pula dia akan merasakannya betapa banyak kabut yang menghalangi jalan kesuksesannya.

            Manusia itu tidak akan lepas dari tiga hal. Yaitu : pertama dosa ‘yang akan mengantarkan pada kesengsaraan dan juga bisa membawa keneraka’. Kedua kekurangan ‘manusia tidak akan pernah merasa cukup kalau didalam ikiranya masih ada setitik timta untuk memikirkan dunia fana ini, tetapi kalau dia sudah sadar akan tujuan hidupnya dia akan selalu bersifat qanaah. Ketiga kesalahan ‘semua manusia tak akan luput dari kesalahan dan kekeliruan, seperti sabda nabi Muhammad SAW. “…manusia adalah terpat salah dan dosa”.

            Kalau kita ingin hidup kita lebih berarti, maka thola’ah atau renungkanlah semua tingkah lakumu ntah itu perbuatan baik atau perbuatan jelek yang telah kita perbuat. Utamakanlah pikiran dari pada tindakan yang artinya berfikirlah sebelum melakukan sesuatu. Dan survei sudah membuktikan, nyatanya orang pintar itu masih kalah dengan orang yang cerdas, orang cerdas masih kalah dengan orang yang berpengalaman, dan orang yang berpengalamanpun masih kalah dengan orang yang beruntung. So, teruslah berusaha jangan pernah patah semangat, jangan menyerah sebelum bertindak. “orang yang sukses itu tidak pernah berfikir bangaimana dia jatuh. Tetapi, dia selalu berfikir bagaimana dia bisa bangun dari jatuhnya tersebut”.

            Ingatlah...! jangan pernah menunda-nunda waktu kalau tidak mau menyesal di kemudian waktu. Orang yang hidupnya selalu lurus tampa suatu hambatan dan ujian, itu tidak akan merasakan manisnya kehidupan, karna dia tidak pernah merasakan pahitnya kehidupan. Seperti halnya air yang ditampung disebuah wadah, lama-kelamaan air itu akan keruh dan kotor bahkan akan menyebabkan penyakit bila digunakan.

            “Seseorang tidak akan kenangan perjalanan hidup yang manis, kalau orang itu belum pernah mencicipi atau merasakan kenangan perjalanan hidup yang pahit”.

            Orang yang hidup seperti arusnya ombak yang bergelombang mengikuti arah temperaturnya laut dia akan senantiasa selalu bersyukur atas semua cobaan yang telah allah tumpahkan pada jalannya yang selalu mengingatkan akan kebesaran kuasanya sekaligus wujud rasa cintanya tuhan kepada hambanya. Sebuah bujangga arab mengatakan“…al alimu kabiirun wa in kana hadasan – wal jahilu showirun wa in kana syarhon. Yang artinya orang yang alim itu besar meski orangnya kecil – dan orang bodoh itu kecil meski orangnya besar…”. Orang alim atau orang yang berilmu itu akan terangkat tinggi oleh ilmu yang dimilikinya dari pada orang bodoh yang kebesaran ototnya masih dikalahkan oleh akal pikirannya.

            Seorang pembesar kaum akan merasa hampa disaat bersama orang-orang yang berilmu. Seperti sabda nabi Muhammad SAW. ”uthlubuh ilma walau bistsin’ tuntutlah ilmu walau ke negeri China”. Kita rasa hadis tersebut sangatlah cocok untuk menyongsong kembali semangat belajar kita. Kelimat itu penuh dengan hikmah dan sangat baik bagi kita untuk menghidupkan kembali semangat yang sudah mulai redup. Kita tau bagaimana orang China, kita juga tau bangaimana kehebatan dan kecerdasan orang China. So, tidaklah salah kalau yang kelak akan mensyafaati kita itu menyeru untuk mencari ilmu meski harus kenegeri Tirai bambo itu.

            Ingatlah kalau ilmu hanya bias didapatkan dengan menghayal maka tidak akan ada orang yang bodoh di dunia ini semua orang akan pintar, maka dari itu ilmu akan didapat dengan berusaha dan didampingi dengan do.a. seperti pepatah mengatakan “ usaha tampa do.a itu sombong dan do.a tampa usaha itu bohong.

Dapatkanlah barokahnya ilmu, maka nurul ilmi (cahaya ilmu) secara tidak langsung juga akan di dapatkan

PAT-BK

  • PAT - Copy.jpg
  • PAT2 - Copy.jpg
  • PAT3 - Copy.jpg
  • PAT5 - Copy.jpg
  • PAT6 - Copy.jpg

Pengunjung

802850
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
403
547
1833
797432
12741
27109
802850
Your IP: 3.95.233.107
Server Time: 2024-03-19 09:33:40